Camera 360

Getting Around Manila

Baclaran - MRT - Edsa - Nicols
Baclaran – MRT – Edsa – Nicols

Setelah satu semester, akhirnya saya ketemu lagi dengan kota ini. Kota yang ga begitu jauh beda dari Jakarta. Yang bikin kangen adalah fast food nya yang sangat menggoda. Pagi itu saya langsung menuju SM Manila City untuk sarapan dengan Jollibee Crispy Chicken. Umm nyaam.. ini yang paling ngangenin.

Tips buat kamu yang bingung mau nukerin uang Philippine Peso, sebaiknya kamu bawa US Dollar dari Indonesia, lalu tempat yang paling recommended untuk money changer adalah di lantai dasar tempat kedatangan (Ninoy Aquino International Airport Terminal 3). Sejauh ini saya sudah mencoba survey ke beberapa tempat di sekitar Pasay City, nyatanya rate paling bagus memang di bagian kedatangan itu.

Terakhir liburan di Manila rasanya sudah puas dengan keliling kotanya. Sekarang saya sudah cukup menguasai isi kotanya. Bahkan, saya sudah tau bagaimana caranya keluar bandara dengan menggunakan Jeepney. Buat orang yang baru pertama kali sampai di Ninoy Aquino International Airport terminal 3 pasti akan kikuk, karena tidak ada semacam train, subway, atau MRT menuju pusat kotanya. Pilihan pertama pasti taksi. Nah untuk meminimalisir budget dan lebih mengenal orang lokalnya, pilih lah jeepney.


Jadi, dari pintu kedatangan (arival gate), kita bisa jalan terus ke arah kiri, menuju parkiran. Tidak jauh dari parkiran akan ada jalan keluar menuju sebuah monumen. Nah dari situ kamu bisa nyebrang dan terus berjalan ke arah kiri (bukan ke arah Resort World Manila). Akan terlihat jeepney dengan tujuan Nicols – Baclaran. Kamu bisa berhenti di stasiun MRT EDSA dengan tarif yang sangat murah yaitu 8 peso.

Stasiun EDSA menyambungkan kamu dengan jalur 1 dan 2. Kalau kamu ambil jalur satu, salah satu objek wisata yang bisa kamu lihat adalah Intramuros dan kota tua Manila. Kamu bisa turun di Stasiun Cental, dengan tarif 15 peso. Dari stasiun Cental kamu bisa berjalan kaki, dan tinggal tanya orang setempat mengenai arah ke Intramuros. Selain itu, stasiun Central lebih dekat dengan Rizal Park. Disana terdapat patung Lapo-lapo,  pahlawan lokal yang berasal dari Visayas. Jika kamu mengambil jalur 3 di stasiun EDSA, maka kamu menuju Makati dan Quezon City. Dua stasiun dari EDSA adalah Ayala Station. Ada apa di Ayala? Isinya mall dan pusat bisnis lainnya (CBD). Ada juga Ayala Museum. Kamu bisa mengelilingi ke-lima mall Glorietta yang saling terhubung satu dan lainnya (Glorietta 360).

Setidaknya itu beberapa alternatif tempat yang bisa dikunjungi jika kamu hanya memiliki waktu yang singkat dan sudah mati gaya mau kemana. Mengamati orang lokal berinteraksi satu sama lain dan berkunjung dari satu fast food ke fast food lainnya adalah kegiatan yang saya lakukan selama transit seharian di Manila.

About these ads

40 thoughts on “Getting Around Manila”

    1. Lebih gampangnya sih kamu naik bus dari Mall of Asia, atau sesuai dgn panduan saya dgn naik jeepneys sampai Roxas Boulevard, dari situ banyak bus tujuan Batangas, Tagaytay, atau Alfonso, yg lewat Cavite :)

      1. Maksudnya h-2 apa ya? kan tiba itu sekitar jam 6pagi..truss ntar lanjut lagi sekitar jam 11 malam.. katanya temenku jam 3 sore harus ada lagi di bandara nino.. hmm bisa nda yah lebih dari jam 3 nya aku di bandara..misalnya malam hari sekitar jam 7 gitu?

      2. Ya maksudnya 2jam sebelum keberangkatan sih harus udah Check In, bandara NAIA kecil kok hehe dan jarak dari kota nya cukup dekat, cuma kalo sore suka macet.

      1. penerbangan dari manila pukul 20.55 dng Cebu, sebaiknya sy berangkat dari cavite jam berapa, spy bs keliling Manila, Apa istimewanya Mall of Asia dibanding mall di Jakarta ? Di Intramuros ada obyek pariwisata apa saja?

      2. hmm saya kurang tau berapa lama dr Cavite ke Manila, sprtnya sih cepet ya. kalo gitu selepas makan siang saja. mungkin ada yg langsung ke Intramuros. Di sana lbh ke kota tua, peninggalan kolonialis Spanyol. Kalau Mall of Asia bagus buat sunset point, wkt itu jg saya terbang jam segitu ke Jakarta, trs saya jalan dari Mall of Asia jam 6.30 yg kebetulan dpt sunset jg.

  1. Kalo harga taxy dari bandara ke kota tua intramuros berapa? Karena nanti saya akan transit di manila 10 jam jd pengen jalan2 ke kota tua aja and mall of asia. Mohon sarannya ya. Kira2 saya harus naik apa? And waktu transit segitu aq harus kemana. Makasih sebelumnya

    1. halo Afar, saya blm pernah naik taksi di Manila, tp sewaktu di Cebu, tarif/argo taksi nya tidak jauh beda dgn tarif bawah di sini. mungkin dari NAIA terminal 3 ke Intramuros (kota tua) itu bisa 30-50rb rupiah. kamu bisa browsing taxi apa yg cukup credible ya :)
      pagi-siang kamu bisa ke Intramuros, siang bisa lunch di SM Manila terus lanjut jalan2 naik LRT/MRT nya. sore sekitar jam 4 kamu bisa main ke Mall of Asia dan nunggu sunset di halaman belakang (manila bay).
      dari Mall of Asia ke NAIA itu sekitar 20menit kalo naik jeepney, mungkin naik taksi 15menit.

  2. Mau numpang tanya..kalo dari mal of asia ke bandara or glorietta ke bandara bs naik jeepney jurusan apa?
    kalau dr LRT EDSA ke bandara naik jeepney apa?
    Glrietta itu = Grenbelt area kah?
    yhanks yaaaa infonya :)
    G

    1. Halo Belinda,
      dari Mall of Asia ke Bandara mesti naik 2x jeepneys, dr Mall of Asia bisa naik yang ke Baclaran, nanti di Baclaran naik jeepneys yang ke Nicols,
      Kalau dari Glorietta (Makati) naik LRT ke EDSA baru lanjut jeepneys jurusan Nicols. (bandara di sini ke NAIA Terminal 3)
      iya, Glorietta itu seberangan dengan Greenbelt.

  3. malam sy ada rencana ke manila 5 hari di akhir january,,bole tolong info hostel yg murah,tempat wisata yg hrs dikunjung+tranportasinya gmn aza?.pengen ke boracay jg sih kira2 ke boracay dng biaya murah gmn?ditunggu infonya

    1. 5 hari di Manila sih kelamaan, mungkin bisa keluar kota (tagaytay,batangas,banaue, sagada, vigan, dan daerah skitar luzon bisa jd pilihan). atau kalau mau terbang ya booking cebupacificair, zest air, atau airphil express.
      hostel yg murah? cari di hostelworld.com

  4. terima kasih mas febry utk infonya,,kalo boleh minta alamt email atau fb..ada banyak ygharus ditanyakan..plan akhirnya # hari 2 malam di boracay,2 hari nya di manila..kl dimanila 2 hari jalan jalan kemana…klo boleh minta info utk tranportasi jeepney dari where2next ke temapt wisata yg mas febry rekomend.makasih

  5. hello febry…tengks ya artikelnya…krn di november sy berencana transit 1/2 hari di manila stlh perjalanan dari jepang/korea, jadi ya hanya mau keliling manila yg deket2 ala low budget aja, sepertinya naik jeepney adalah salah 1 pilihan ya. hehe. *langsung di save artikelnya*

      1. Hii.
        Ka.
        Rencana mau ke manila akhir okt nnt..
        Udh book hotel di Pasay city dkt lrt edsa.
        Brrti klo dr bandara bisa naik jeepney ya?
        kalo by tiger airways turun di NAIA terminal brp ya?
        dr lrt edsa menuju MOA baiknya naik apa selain taksi?
        terima kasih ka 

  6. Halo Rindyani,
    iya tinggal naik jeepneys tujuan Nicols – Baclaran, mereka akan berhenti di EDSA kok. Tiger Airways itu di terminal 1 kalo ga salah, nah kl dari situ gak tahu deh.. mungkin ada bus langusung ke LRT EDSA.

    dr EDSA itu ada jeepney ke mall of asia, cuma kan di EDSA itu perempatan, ruame banget, saya selalu lupa naiknya dari jalan yang mana, sebaiknya nanya ya.. orang filipin jago bahasa inggris kok.

    Goodluck!

  7. manila ya, cuma numpang lewat atasnya aja pas ke jepang kemaren :D salah satu negara asia tenggara yang paling pengen disamperin. negara kepulauan juga sih, penasaran bagusan mana sama indonesia pantainya :D

  8. Hai mbak,

    Saya akan transit di manila 8 jam, dari jam 6 pagi sampai 2 siang. Kira2 bisa kemana aja dan naik apa yah? Klo mau ke intramuros naik apa yah mbak? Sempet ga yah? Tks.

    lia

  9. Halo mas Febry, salam kenal. asya mau tanya tentang terminal 4. saya rencana mendarat di NAIA terminal 4 (dari KL) jam 3 sore. udah booking hotel di Intramuros. kalo dari terminal 4 ke EDSA tanpa naik taksi gimana ya caranya? trus dari EDSA rencana naik LRT ke Central station (Intramuros).. kira2 recommended ga naik LRT di jam pulang kantor? tapi kalo naek taksi, takut argonya mahal gara2 macet.. galau nih hehe..

    1. Wah saya baru pernah denger ada terminal 4. Biasanya saya dari terminal 3 mas. Biasanya juga di setiap terminal ada shuttle bus berwarna putih kok. Kalau di terminal 3 sih ada yang ke MRT Baclaran, mungkin di terminal 4 itu jg ada. Biasanya harganya 20 peso seingat saya.
      Nah, kalau dari terminal 3, jalan aja ke luar, terus nanti ada jeepney tujuan Nicols-EDSA.
      Kalau naik LRT pas jam kantor sih penuh, tapi dia sering dateng kok.

      semoga membantu ya. have a nice trip!

  10. Halo febry, nice blog btw!

    saya march ada China Trip pake Cebu, sampe jam 05:30 di manila, cabut ke Beijing jam 19:30, jadi gini nih rencana saya, hehe…:

    sampe manila, drop baggage: katanya sih 350 PHP bs buat 2 backpack. Dari bandara, naik jeepney –> LRT EDSA –> Central Station –> Explore Intramuros –> ke LRT Station terdekat –> LRT EDSA –> ke Mall of Asia (pake Jeepney) buat lunch sama shower (120 PHP di lantai 2 ada Pay Toilet) –> ke Bandara untuk check-in, pertanyaannya:

    1. Dari T3 ke spot nyegat jeepney ke EDSA-nya dimana ya mas?
    2. Intramuros walkable kah? ga mau pake horsecart soalnya
    3. rute ke Fort Santiago bolak balik jauh ga?
    4. rata-rata makan berapaan ya mas di manila, 80 PHP cukupkah?
    5. Untuk jeepney-nya bisa diliat tulisannya ga sih utk rute2nya? apa hrs nanya ke driver-nya?
    6. Taksi yg “Bener” yg kayak gimana ya mas? dari MoA ke T3-nya pgn naik Taksi (parno ketinggalan peswat hehe)

    thanks before ya mas!

    1. Halo Rozy,
      dulu juga saya mengambil rute ini, cgk-mnl-pek dgn Cebu :)

      1. dari T3, kamu keluar terus jalan ke sebelah kiri, nanti akan lewatin parkiran, dan keluar bandara, nyebrang aja, ini ordinat (14.52450, 121.01263) untuk nyetop jeepneynya, btw jepneeynya ngetem di situ, tulisannya Nicols – Baclaran (MRT Edsa). Di EDSA tanya aja LRT yang ke Central Station/SM Manila

      2. Intramuros walkable kok, walaupun dr Central Station lumayan jg kalo jalan, tp stasiun itu cukup strategis buat jalan2 skitar Rizal Park sampe ke Intramuros.

      3. Fort Santiago itu deket sama Manila Cathedral. Jalan kaki aja. Gak jauh kalo buat ukuran ‘jalan-jalan’ jangan malu bertanya ya, orang Filipin jago bahasa Inggris

      4. rata2 makan di Filipin itu mulai dari Rp. 15ribu sih. Kalo mau Jolibee Rp. 20ribu sekali makan sudah kenyang. Kalo ga salah paket Jolibee 80php deh atau 90an ya..

      5. Ada tulisan rutenya di depan, agak kecil sih, tp bisa juga nanya.

      6. belom pernah naksi di Manila sih, namun wkt di Cebu sih yang white cab. Mungkin bisa coba riset di blog lain atau tanya forum Filipina :D

      goodluck ya! jangan lupa bawain oleh2 polvoron. slurrpp

    1. wah maaf saya blm pernah dari terminal 4. tapi pastinya ada bus putih yang menghubungkan antar terminal. jadi kl memang bus putihnya gak lewat stasiun LRT, ya coba ke terminal 3 dulu aja trs ikuti langkah2 yg saya tulis :)
      semoga membantu dan selamat belibur, mabuhay!

  11. Mas Febry.. akhirnya saya sudah jadi ke Filipina pakai AirAsia Zest dari Kuala Lumpur. Terminal 4 ini sebenernya terminal paling jadul & kecil diantara semua terminal di NAIA. Kalo ga salah penerbangan internasional dari terminal ini cuma khusus AirAsia Zest, selebihnya penerbangan domestik.

    Waktu itu saya dari terminal 4 akhirnya naik taksi ke Mall of Asia.. kalo ga salah cuma hasbis 100 peso. tapi sebenernya kalo mau irit, bisa naek jeepney ke Mall of Asia atau EDSA for LRT/MRT. Jalan kaki ke arah kanan bandara.. jalan sekitar 50 meter sampe ketemu perempatan. Nah dari tinggal cegat jeepney di situ. semoga membantu.

    1. Wah iya, dulunya terminal 4 ini cuma buat penerbangan domestik maskapai Zest Air, sekarang udah gabung sama AirAsia ya..

      anyway thanks a lot for drop this useful information mas Pupung :) Semoga bermanfaat buat yang lain.

  12. Mas Febry, bisa minta messenger/other contacts nya? saya mau ke filipina tgl 25-27 April nanti untuk nonton Pulp Summer Slam, and have no friend at all disana. Rencana stay di sekitar Quezon Ave, nah dari Airport nya sama sekali ga paham harus naik apa dan kemana. Please help ya mas. Thank you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s